SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA MI MIFTAHUL HUDA - FULL DAY SCHOOL

Selasa, 13 Maret 2012

MI Plus (Full Day School)




RENCANA PENGEMBANGAN KURIKULUM
MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA JAMBU
TAHUN 2012
MI Plus
  1. VISI MADRASAH
“  AKTIF  “
1.       Agamis
2.       Kreatif
3.       Terampil
4.       Inovatif
5.       Faforit
  1. INDIKATOR MISI
1.       Menjadikan ajaran dan nilai-nilai Islam sebagai pandangan hidup, sikap hidup, dan ketrampilan hidup  dalam kehidupan sehari-hari.
2.       Mengembangkan didaktik dan metodik guru
3.       Mengembangkan kemampuan anak dalam memahami agama Islam
4.       Memiliki daya saing dalam prestasi di semua bidang.
5.       Memiliki kepedulian terhadap lingkungan madrasah
  1. MISI MADRASAH
1.       Sebagai pusat kajian pendidikan agama Islam yang berwawasan ahlussunah wal jama’ah.
2.       Menjadikan madrasah sebagai dasar pengembangan potensi anak.
3.       Membiasakan anak menjalankan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari
4.       Mengembangkan pembelajaran ( umum dan agama ) berbasis informatika dan teknologi  ( IT ).
5.       Mewujudkan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang mendapat kepercayaan dari masyarakat
  1. TUJUAN MADRASAH
a.       Tahap 1 ( tahun 2012 ) madrasah berusaha untukmencapai tujuan
1.       Meningkatkan pengamalan 5 S ( Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun ) pada seluruh warga madrasah.
2.       Meningkatkan pengamalan sholat dzuhur  dan ‘asar berjamaah
3.       Meningkatkan kemampuan menghafal do’a harian, Hadits dan surat-surat pendek dalam Al Quran
4.       Meningkatkan nilai rata-rata Ujian Nasional secara berkelanjutan
5.       Meningkatkan kepedulian warga madrasah terhadap kesehatan, kebersihan, keamanan dan keindahan lingkungan Madrasah.
b.      Tahap II ( tahun 2013 ) madrasah berusaha untuk mencapai tujuan
1.       Meningkatkan prestasi anak dalam berbagai lomba di Kecamatan dan Kabupaten
2.       Meningkatkan jumlah sarana / prasarana serta pemberdayaanya yang mendukung  peningkatan prestasi akademik dan non akademik.
3.       Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam penguasaan bahasa arab dan inggris
4.       Mewujudkan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang  diperhitungkan oleh masyarakat di tingkat kecamatan
  1. STRUKTUR KURIKULUM
No
Mata Pelajaran
Alokasi Waktu
Ket
1
2
3
4
5
6

1.






2.
3.
4.
5.
6.
7.


A.      Pendidikan Agama Islam
  1. Qur’an Hadits
  2. Fiqih.
  3. Aqidah Akhlak
  4. Sejarah Kebudayaan Islam
  5. Bahasa Arab
  6. Aswaja / Ke NU an
Pendidikan  Kewarganegaraan
Bahasa Indonesia
Matematika
Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Alam
Seni budaya dan ketrampilan
Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
B.      Mulok
a.       Tartil Al quran
b.      Bahasa Inggris
c.       Teknologi Informasi  ( IT )


2
2
2
2
4
2
2
5
6
2
4
2
2

6
4
-

2
2
2
2
4
2
2
5
6
2
4
2
2

6
4
-

2
2
2
2
4
2
2
5
6
2
4
2
2

6
4
-

2
2
2
2
4
2
2
5
8
3
4
2
2

6
4
2

2
2
2
2
4
2
2
5
8
3
4
2
2

6
4
2

2
2
2
2
4
2
2
5
8
3
4
2
2

6
4
2


Jumlah
48
48
48
54
54
54


  1. Program MI Miftahul Huda Jambu
1.       Tartil  Al quran secara intensif ari hari senin s/d  rabu selama 2 jam pelajaran , siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil , 1 kelompok 15-20 siswa dengan metode “At tartil “. Diharapkan tamatan MI sudah hafal Juz ‘amma
Pembelajaran diberikan secara sistematis dan periodic sehingga tanpa disadari anak-anak dapat menghafal  dengan baik dan benar.
2.       Matematika kelas 1 s/d  3 menggunakan metode komprehensif sempoa, untuk kelas 4 s/d 6 disesuaikan dengan pengembangan kurikulum.
3.       Menganut pembelajaran tuntas, materi pembelajaran dituntaskan disekolah
-          Memberikan remidi bagi siswa yang belum tuntas dalam mengikuti pembelajaran
-          Apabila remedial teaching yang dilakukan guru  matapelajaran tidak berhasil , maka siswa diarahkan ke team remedial teaching yang dibentuk oleh madrasah ( les khusus ).
-          Tidak ada pekerjaan rumah ( PR ) bagi siswa, kecuali tugas membaca dan memahami pelajaran yang akan di sampaikan pada pertemuan yang akan datang
4.       Pembelajaran bahasa ingris masuk dalamkurikulum ( 4 jam pembelajaran ) dengan uraian 2 jam komprehensif dan 2 jam speaking.
5.       Pembelajaran  bahasa arab masuk dalam kurikulum ( 4 jam pembelajaran ) dengan uraian 2 jam  , 2 jam percakapan .
6.       Untuk menanmbah menambah kejernihan hati, diadakan istighotsah bersama siswa dan dewan guru 1 minggu sekali
7.       Teknologi informasi ( TI ) telah masuk didalamkurikulum MI Miftahul Huda Jambu dengan pembelajaran computer berbasis Windows 7.
8.       Kegiatan ekstrakurikuler
A. Wajib diikuti
-          Komputer
-          Sempoa kids
-          English Club
-          Arabic Club
B. Pilihan
-          Drum band
-          Pramuka
-          sepak bola
-          Seni Baca Al Qur'an

9.       Jam belajar  MI Miftahul huda jambu
-          Kelas I s/d II        :  Masuk Jam  07.00 – 13.00
-          Kelas III s/d VI   :  Masuk jam  07.00 – 15.30



Jaminan Mutu / Kualitas
AHLUSSUNAH WALJAMA’AH
  • Menegakkan sholat 5 waktu sesuai dengan tuntunan Agama Islam
  • Menumbuhkan kesadaran sholat 5 waktu adalah kebutuhan
  • Menanamkan sholat dluha adalah pembuka hati untuk memulai pembelajaran
  • Menjalankan sholat dluha dari kelas 4 – 6
  • Siswa memiliki sifat         : sidiq, tabligh, amanah,  dan fathonah
BERPRESTASI AKADEMIK
  • MI Miftahul Huda selalu lulus 100% dalam mengikuti UN.
  • Menerapkan pembelajaran tuntas. Dengan rata-rata nilai  ………………
  • Tartil membaca Al Qur’an
  • Memiiki ketrampilan berbahasa arab dan Inggris.
STRATEGI “ MISI B “
  • Menjalin kerjasama dengan pengurus, orang tua, masyarakat, komponen pendidikan untuk meningkatkan efektif dan efisiensi.
  • Integreted program, holistic matematik.
  • Standarisasi management , organisasi dan SDM
  • Inovasi pembelajaran modern dan Islamic
  • Berbasis Informatika tecnologi ( IT )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar