SEJARAH SINGKAT MADRASAH
MI Miftahul Huda berdiri di tengah masyarakat pedesaan dan agraris. Mata pencarian masyarakat pada umumnya bidang pertanian dan perdagangan sebagaian besar anggota masyarakat menjalankan agama secara baik. Motivasi dan keinginan orang tua menyekolahkan putra-putrinya di madrasah ini termasuk tinggi walupun rata-rata pendidikan orang tua pada level SMP atau SMA.MI Miftahul Huda memiliki beberapa prestasi baik akademik maupun non akademik yang baik pada tingkat kecamatan maupun kabupaten. prestasi ini diperoleh dengan hasil kerja keras dan dukungan semua stkeholder. Jumlah guru dan kualifikasinya memadai serta memiliki motivasi dan etos kerja yang tinggi.
MI Plus (Full Day School)
RENCANA PENGEMBANGAN KURIKULUM
MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA
JAMBU
TAHUN
2012
MI Plus
- VISI MADRASAH
“ AKTIF
“
1. Agamis
2. Kreatif
3. Terampil
4. Inovatif
5. Faforit
- INDIKATOR MISI
1. Menjadikan
ajaran dan nilai-nilai Islam sebagai pandangan hidup, sikap hidup, dan
ketrampilan hidup dalam kehidupan
sehari-hari.
2. Mengembangkan
didaktik dan metodik guru
3. Mengembangkan
kemampuan anak dalam memahami agama Islam
4. Memiliki
daya saing dalam prestasi di semua bidang.
5. Memiliki
kepedulian terhadap lingkungan madrasah
- MISI MADRASAH
1. Sebagai
pusat kajian pendidikan agama Islam yang berwawasan ahlussunah wal jama’ah.
2. Menjadikan
madrasah sebagai dasar pengembangan potensi anak.
3. Membiasakan
anak menjalankan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari
4. Mengembangkan
pembelajaran ( umum dan agama ) berbasis informatika dan teknologi ( IT ).
5. Mewujudkan
madrasah sebagai lembaga pendidikan yang mendapat kepercayaan dari masyarakat
- TUJUAN MADRASAH
a. Tahap
1 ( tahun 2012 ) madrasah berusaha untukmencapai tujuan
1. Meningkatkan
pengamalan 5 S ( Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun ) pada seluruh warga
madrasah.
2. Meningkatkan
pengamalan sholat dzuhur dan ‘asar berjamaah
3. Meningkatkan
kemampuan menghafal do’a harian, Hadits dan surat-surat pendek dalam Al Quran
4. Meningkatkan
nilai rata-rata Ujian Nasional secara berkelanjutan
5. Meningkatkan
kepedulian warga madrasah terhadap kesehatan, kebersihan, keamanan dan
keindahan lingkungan Madrasah.
b. Tahap
II ( tahun 2013 ) madrasah berusaha untuk mencapai tujuan
1. Meningkatkan
prestasi anak dalam berbagai lomba di Kecamatan dan Kabupaten
2. Meningkatkan
jumlah sarana / prasarana serta pemberdayaanya yang mendukung peningkatan prestasi akademik dan non
akademik.
3. Meningkatkan
kemampuan peserta didik dalam penguasaan bahasa arab dan inggris
4. Mewujudkan
madrasah sebagai lembaga pendidikan yang
diperhitungkan oleh masyarakat di tingkat kecamatan
- STRUKTUR KURIKULUM
No
|
Mata Pelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Ket
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
A.
Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
Kewarganegaraan
Bahasa Indonesia
Matematika
Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Alam
Seni budaya dan ketrampilan
Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
B.
Mulok
a.
Tartil Al quran
b.
Bahasa Inggris
c.
Teknologi Informasi ( IT )
|
2
2
2
2
4
2
2
5
6
2
4
2
2
6
4
-
|
2
2
2
2
4
2
2
5
6
2
4
2
2
6
4
-
|
2
2
2
2
4
2
2
5
6
2
4
2
2
6
4
-
|
2
2
2
2
4
2
2
5
8
3
4
2
2
6
4
2
|
2
2
2
2
4
2
2
5
8
3
4
2
2
6
4
2
|
2
2
2
2
4
2
2
5
8
3
4
2
2
6
4
2
|
|
Jumlah
|
48
|
48
|
48
|
54
|
54
|
54
|
||
- Program MI Miftahul Huda Jambu
1. Tartil Al quran secara intensif ari hari senin s/d rabu selama 2 jam pelajaran , siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok kecil , 1 kelompok 15-20 siswa dengan metode “At
tartil “. Diharapkan tamatan MI sudah hafal Juz ‘amma
Pembelajaran diberikan secara
sistematis dan periodic sehingga tanpa disadari anak-anak dapat menghafal dengan baik dan benar.
2. Matematika
kelas 1 s/d 3 menggunakan metode komprehensif
sempoa, untuk kelas 4 s/d 6 disesuaikan dengan pengembangan kurikulum.
3. Menganut
pembelajaran tuntas, materi pembelajaran dituntaskan disekolah
-
Memberikan remidi bagi siswa yang belum tuntas
dalam mengikuti pembelajaran
-
Apabila remedial teaching yang dilakukan
guru matapelajaran tidak berhasil , maka
siswa diarahkan ke team remedial teaching yang dibentuk oleh madrasah ( les
khusus ).
-
Tidak ada pekerjaan rumah ( PR ) bagi siswa,
kecuali tugas membaca dan memahami pelajaran yang akan di sampaikan pada
pertemuan yang akan datang
4. Pembelajaran
bahasa ingris masuk dalamkurikulum ( 4 jam pembelajaran ) dengan uraian 2 jam
komprehensif dan 2 jam speaking.
5. Pembelajaran bahasa arab masuk dalam kurikulum ( 4 jam
pembelajaran ) dengan uraian 2 jam , 2
jam percakapan .
6. Untuk
menanmbah menambah kejernihan hati, diadakan istighotsah bersama siswa dan
dewan guru 1 minggu sekali
7. Teknologi
informasi ( TI ) telah masuk didalamkurikulum MI Miftahul Huda Jambu dengan
pembelajaran computer berbasis Windows 7.
8. Kegiatan
ekstrakurikuler
A. Wajib diikuti
-
Komputer
-
Sempoa
kids
-
English
Club
-
Arabic
Club
B. Pilihan
-
Drum
band
-
Pramuka
-
sepak
bola
-
Seni
Baca Al Qur'an
9.
Jam
belajar MI Miftahul huda jambu
-
Kelas
I s/d II : Masuk Jam
07.00 – 13.00
-
Kelas
III s/d VI : Masuk jam
07.00 – 15.30
Jaminan Mutu / Kualitas
AHLUSSUNAH WALJAMA’AH
- Menegakkan sholat 5 waktu sesuai
dengan tuntunan Agama Islam
- Menumbuhkan kesadaran sholat 5 waktu
adalah kebutuhan
- Menanamkan sholat dluha adalah
pembuka hati untuk memulai pembelajaran
- Menjalankan sholat dluha dari kelas 4
– 6
- Siswa memiliki sifat : sidiq, tabligh, amanah, dan fathonah
BERPRESTASI AKADEMIK
- MI Miftahul Huda selalu lulus 100%
dalam mengikuti UN.
- Menerapkan pembelajaran tuntas.
Dengan rata-rata nilai ………………
- Tartil membaca Al Qur’an
- Memiiki ketrampilan berbahasa arab
dan Inggris.
STRATEGI “ MISI B “
- Menjalin kerjasama dengan pengurus,
orang tua, masyarakat, komponen pendidikan untuk meningkatkan efektif dan
efisiensi.
- Integreted program, holistic
matematik.
- Standarisasi management , organisasi
dan SDM
- Inovasi pembelajaran modern dan
Islamic
- Berbasis Informatika tecnologi ( IT )